PELATIHAN PERIKANAN TANGKAP



Hari ini rabu 27 April 2011, bertempat di Hotel Bumi Batuah Kecmatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Dinas Kelautan dan Perikanan telah mengadakan Pelatihan perikanan Tangkap.

peserta terlihat asyik menerima materi pelatihan

(dalam gambar terlihat Instruktur/ nara sumber menjelaskan tentang klasifikasi alat tangkap ikan dan diterima peserta terlihat sangat antusias dan tertib dalam menerima materi pelatihan dari instruktur Kamaruddin


pelatihan perikanan tangkap yang dilakukan di Hotel Bumi Betuah menghadirkan Peserta dari para nelayan yang terdiri dari Nelayan Desa Talang rio, Nelayan Desa Air rami, Kecamatan Air rami, Nelayan Ipuh, Desa Pasar Ipuh, Desa Pulai payung, Pulau baru Kecamatan Ipuh, Nelayan Desa Nelan Indah Pasar bantal kecamatan Teramang jaya, nelayan Koto jaya, dan nelauan Desa Bandaratu, kecamatan kota Mukomuko kabupaten Mukmuko.



Pelatihan Perikanan Tangkap yang dilakukan oleh Dinas kelautan dan Perikanan kabupaten Mukomuko, yang dipimpin oleh Kepala Dinas Eddy Apriyanto,Sp bekerja sama dengan BPPP Medan (Belawan ) untuk menjadi Nara sumber.

Pelatihan Perikanan Tangkap ini dilaksanakan oleh Dinas dalam rangka Meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap terutama untuk nelayan masyarakat Mukomuko dan sekitarnya, sehingga dengan pelatihan ini diharapkan tingkat sumberdaya manusia khususnya para nelayan semakin bertambah, berkembang terhadap wawasannya, dan ada perubahan dalam meningkatkan sarana dan prasarana penangkapan.



selain hal tersebut diatas, kepala Dinas juga menjelaskan dan menghimbau kepada para peserta agar ilmu yang didapat selama proses pelatihan ini akan menjadi pedoman sehari-hari dalam melakukan aktivitas pada dirinya sebagai nelayan.

beberapa materi yang disampaikan pada saat pelatihan perikanan tangkap salah satu diantaranya adalah, mengenal peta laut, klasifikasi alat penangkapan ikan, mengenal GPS, UU perikanan bertepatan dengan keputusan menteri kelautan dan perikanan no.kep.06/MEN 2010 tentang Alat penangkapan ikan, dan masih banyak materi lainnya yang tak disebut........ yang berhubungan dengan tehnik penangkapan ikan di laut.
 
Top