bulan puasa

Alhamdulilah Akhirnya kita bisa bertemu lagi dengan bulan yang penuh rahmat dan ampunan “Bulan Ramadhan”.  Diamana semua umat islam didunia diwajibkan utuk menunaikan ibadah puasa bagi yang mampu. Seperti kita ketahui bersama Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dimana Allah memberikan ruang yang seluas-luasnya pada hambaNya untuk  mensucikan diri,menhapus dosa-dosa  yang melekat atas dirinya,baik yang sengaja maupun tidak sengaja.

Selain Menjalankan ibadah puasa kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh kita, sehingga disaat menjalankan ibadah puasa kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar.
Beriukt ini ada sedikit tips dan triks supaya tetap sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa

1. Mengkonsumsi minuman manis saat berbuka puasa
Minum-minuman manis saat berbuka puasa sangat dianjurkan karena dengan meminum minuman yang manis akan memulihkan energi setelah seharian menjalankan ibadah puasa,seperti minum,teh manis,juice buah,dan sirup dan masih banyak yang lainnya.Hindari mengawali buka puasa dengan camilan yang akan merusak nafsu makan menu utama. Hindari juga memulai buka puasa dengan sebatang rokok karena akan memicu kadar asam lambung. Hindari pula berbuka puasa berlebihan seolah-olah ”balas dendam” karena seharian perut kosong. Dengan pola seperti itu tubuh akan tetap fit dan lebih sehat, kolesterol dan gula darah lebih baik, dan masalah pencernaan seperti asam lambung dan sembelit akan sirna.

2. Mengkonsumsi buah-buahan  dan sayur mayur segar
Selain mengonsumsi minuman-minuman yang manis saat berbuka puasa juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan  dan sayur mayur segar. Hal ini karena buah-buahan dan sayur yang segar mengandung banyak vitamin dan mineral

3. Mengkonsumsi buah kurma waktu buka puasa
Seperti kita ketahui bersama bahwa buah kurma sangat membantu proses pencernaan. Ia yang mempunyai sakit maag dianjurkan oleh dokter untuk makan kurma sebagai pembuka saat berbuka puasa dan saat makan sahur.Dengan mengkonsumsi buah kurma tubuh senantiasa fit, dan tetap bisa menjalankan puasa dengan lancar, tanpa rasa sakit karena adanya gangguan pencernaan.

4. Melakukan olahraga
Meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa bukan berarti kita harus malas-malasan dan tidak berolahraga seperti hari-hari biasanya. Kita harus tetap melakukan aktifitas olahraga supaya tubuh kita tetap fit. Kita bisa melakukan olahraga pada sore hari menjelang buka puasa seperti lari-lari kecil atau bagi yang hoby main futsal bisa main futsal sambil nunggu buka puasa.

5. Mengkonsumsi Suplemen
Yang terakhir yang tidak kalah pentingnya dengan yang diatas, yaitu dengan menkonsumsi suplemen, karena dengan mengkonsumsi supermen dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh ,senyawa radikal bebas sekitar 12% yang bisa menjadikan tubuh anda tetap fit dan sehat dalam beraktivitas.
Itulah tadi sedikit tips dan triks buat menjalankan ibadah puasa supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Sehingga kita bisa menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan semoga Allah SWT, menerima ibadah puasa yang kita jalankan, amien.




 
Top