SAMBUTAN DIRJEN PERIKANAN TANGKAP
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN RI

Wednesday, 09 June 2010 09:05 administrator





Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh, Perairan Indonesia dianugerahi sumberdaya ikan cukup beragam dan melimpah. Data menunjukan bahwa sumberdaya ikan yang kita miliki potensi besar dalam kontribusi pembangunan ekonomi nasional serta mensejahterakan masyarakat Indonesia. Namun demikian, sebagian besar nelayan dikelompokan dalam kategori masyarakat miskin, hampir 94 % armada perikanan nasional berukuran kurang dari 5 GT dengan kualitas sumberdaya manusia dan kemampuan produksi rendah, dan sebagian besar industri perikanan masih tradisional berskala mikro dan kecil.

Program Nasional Minapolitan berdasarkan keterpaduan, efisiensi, kualitas dan akselerasi yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan diharapkan dapat mempercepat peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan. Oleh karena itu, sesuai dengan tugas dan fungsi Direktorat Pengembangan Usaha Penangkapan, terdapat beberapa kegiatan utama untuk mencapai sasaran tersebut, antara lain ; Sertipikasi Hak Atas Tanah (SHAT) Nelayan, Diversifikasi Usaha Nelayan, Perluasan Permodalan Usaha Nelayan, Kartu Nelayan, Jaminan Sosial Nelayan, Pembinaan dan Pedampingan Kelompok Usaha Nelayan, dan Pengembangan Investasi Usaha Perikanan Tangkap.

Dalam rangka penyampaian arah kebijakan, perkembangan, serta pencapaian upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan tersebut, tentunya perlu dilakukan secara informatif, interaktif dan mudah diakses oleh pengguna. Oleh karena itu, saya selaku Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan apresiasi yang dalam atas beroperasinya website Direktorat Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan. Semoga situs ini dapat menjadi referensi bagi pihak-pihak yang ingin mengetahui lebih jauh tentang pembinaan nelayan dan pengembangan usaha penangkapan ikan.
Tidak Mungkin, Tapi Bisa.......


Billahi Taufiq wal Hidayah, Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh.

 
Top