Dari sekian banyak jenis hewan laut yang ditemui belum ada ditemui jenis binatang yang unik seperti lumba-lumba. Lumba-lumba dapat kita lihat begitu bersahabat dan sangat ramah. Sikap mereka yang jinak dan bersahabat nampak jelas dari mukanya.Wajahnya begitu imut dan selalu tersenyum. Anehnya lagi dan juga unik, Bayi lumba-lumba yang baru lahir biasanya akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. sepertinya Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernapas supaya tetap hidup. Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalanya.
Tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang. Induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya. Lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Lumba-lumba memang luar biasa, Induk lumba-lumba memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali.

Saat kelahiran anaknya pertama kali yang keluar adalah ekornya, setelah itu kemudian badannya dan akhirnya kepalanya. Kemudian Untuk memberi makan anaknya, induk lumba-lumba menggerakkan otot di kelenjar susunya untuk menyemprotkan air susu ke dalam mulut anaknya. Bayangkan saja,sahabat semua dapat membandingkannya dengan menekan botol susu dengan tanganuntuk menyemprotkan isinya ke luar.

Lumba-lumba sebagai Binatang mamalia sebenarnya tidak butuh cara penyemprotan seperti ini untuk menyusui anaknya. Namun, cara seperti itu sangat penting saat di dalam air. Bayangkan saja induk lumba-lumba tersebut berpikir dan mengembangkan cara semacam itu sendiri? Mungkinkah ia mengetahui pentingnya cara seperti itu dan melengkapi kelenjar susunya dengan otot-otot? Seperti yang sahabat  bayangkan, itu tidak mungkin! Seperti yang kami tekankan semula, Allah telah menciptakan tubuh induk lumba-lumba dengan keadaan yang amat sesuai dengan kebutuhan anaknya.

Pada Sistem pernafasan yang terdapat pada lumba-lumba juga sangat mirip  dengan manusia. Hanya saja letak lubang hidungnya tidak di tengah-tengah wajahnya, akan tetapi di bagian atas kepalanya. Dan itu dapat kita lihat Seperti manusia, sebelum menyelam, lumba-lumba menghirup udara dan menahannya di dalam paru-paru. Saat mereka muncul dari kedalaman air, beberapa meter sebelum mencapai permukaan, Lumba-lumba akan menghembuskan udara dengan kuat melalui lubang udara mereka.   Sahabat mungkin pernah melihat di TV bagaimana santainya lumba-lumba berenang di air dan bahkan mampu berlomba dengan kapal. Ternyata Lumba-lumba adalah perenang yang sempurna.

Ciri khas Pada kulitnya yang licin dan halus adalah sebab utama mengapa mereka bisa berenang dengan begitu cepat dan sempurna. Nah Keistimewaan ini membantunya meluncur dalam air dan berenang dengan cepat. Ada juga pada Keistimewaan lainnya yang membuat lumba-lumba berenang dengan cepat adalah hidungnya, iya hidungnya yang disebut sebagai moncong. Karena Moncong lumba-lumba bentuknya sangat pas untuk berenang cepat, bahkan menjadi model bagi desain kapal.
Berkat bentuk tersebut, kapal kita dapat berlayar lebih cepat daripada sebelumnya. Tahukah sahabat bahwa  sebenarnya lumba-lumba tidak mempunyai indra penciuman dan juga buta? 
 
Akan tetapi memiliki kelebihan pada dirinya, Ternyata Allah telah memberinya pendengaran yang sangat tajam. Lumba-lumba dapat mendengar suara yang jauhnya hinga mencapai beberapa kilometer. Sebagai tambahan, dengan menggunakan sistem yang ada pada tubuhnya yang mirip dengan peralatan “sonar” yang digunakan di bawah laut, mereka dapat dengan mudah mengetahui arah dan mengetahui tempat mangsanya.  Sistem kerja alat tersebut sebagai adalah, bahwa Suara yang dikeluarkan lumba-lumba, yang tidak dapat didengar oleh manusia, menyebar dalam bentuk gelombang suara di bawah air;  Kemudian Ketika suara itu membentur pada suatu benda, ia akan menumbuknya dan memantulkan  kembali; Kemudian Waktu yang dibutuhkan suara untuk menumbuk ikan atau batu dan memantul kembali menunjukkan suatu jarak dari mangsa atau batu tersebut. Sistem yang ada pada lumba-lumba tersebut  ternyata dapat mengilhami para ilmuwan untuk membuat sistem sonar pada kapal selam. Indra pendengaran yang terda[at pada lumba-lumba yang sangat tajam melindunginya menjadi mangsa dari ikan lainnya di laut.

jadi begitulah Lumba-lumba ternyata bahwa di dalam dirinya memiliki sebuah sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistemsonar, dan sistem ini ternyata dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga dengan demikian terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatanradar pada kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba  termasuk  kerebatpaus  dan pesut. Di seluruh dunia ini sebenarnya banyak sekali jenis ikan Lumba-lumba yaitu lebih dari 40 jenis lumba-lumba.

Sumber:
dan dari berbagai sumber lainnya
 
Top