Varietas unggul Mangga Ken Layung adalah hasil koleksi plasma nutfah mangga Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika yang dirilis tahun 2001. Mangga Ken Layung ini memiliki keunggulan antara lain dari segi produktivitas 76 kg/pohon dengan tampilan bentuk buah relatif seragam/stabil dan permukaan rata, ukuran moderat, serta warna kulit buah cerah yang semburat dari gradasi warna merah, kuning dominan, dan hijau, sehingga dari estetika tampilan buah mangga ini sangat menarik.

Keunggulan lainnya ialah dari segi cita rasa buahnya manis dan segar yang menjadi nilai lebih tersendiri untuk buah mangga ini sehingga memang layak diberi nama Ken Layung.
Tanaman mangga Ken Layung ini dapat tumbuh pada dataran rendah (0-700 m dpl.) dengan tipe iklim D, E, dan F menurut Schmidt & Ferguson dan dengan bulan kering tegas.
Kehadiran varietas unggul mangga ini ditunjukan untuk memasok varietas mangga merah sesuai preferensi pasar mangga internasional. Varietas mangga ini memiliki potensi nilai komersial yang cukup baik sehingga layak untuk dilisensikan.


Jadi Mangga Varietas Ken Layung  ini merupakan Varietas dari hasil koleksi Plasma Nutfah mangga Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika  yang dirilkis pada tahun 2001. Mangga dengan varietas
seperti ini memiliki keunggulan, antara lain dari segi produktifitas 76 kg/ pohon dengan tampilan bentuk buah Relatif seragam / stabil dan pada umumnya permukaannya rata.








Sumber: Badan Litbang Pertanian    
 
Top