Mangga Marifta 01 adalah hasil mutasi buatan pada klon Irwin koleksi plasma nutfah mangga Balai Penelitian Buah Tropika yang dirilis tahun 2001.
Produktivitas varietas mangga ini 89,4 kg/pohon dengan ukuran buah moderat dan berbobot relatif seragam rata-rata 319 gram/buah dengan kisaran 75 gram. Mangga Marifta-01 ini memiliki bentuk buah oval dengan permukaan yang rata dan seragam antar buah, memiliki warna kulit buah yang cerah dari gradasi warna merah delima dominan, kuning dan hijau serta memiliki daya adaptasi yang luas.

Seperti halnya Mangga Ken Layung, tanaman Mangga Marifta-01 ni dapat tumbuh pada dataran rendah (0-700 m dpl.) dengan tipe iklim D, E, dan F menurut Schmidt & Ferguson dan dengan bulan kering tegas.
Tampilan buah Mangga Marifta 01 ini cukup atraktif sehingga berpotensi memenuhi kualitas ekspor. Oleh karena itu layak untuk dilisensikan dengan pengusaha yang berorientasi ekspor.

Jadi kita tahu bahwa Mangga Varietas Manifta-01ini adalah hasil Mutasi buatan pada Klon Irwin Koleksi Plasma Butfah mangga hasil Penelitian buah Tropika yang dirilis tahun 2001. Produktifitas jenis varietas mangga
ini 89,4 kg/ pohon dengan ukuran  buah moderat dan berbobot  relatif seragam dengan rata rata mencapai  319 gram / buah dengan kisaran 75 gram.
 



Sumber: Badan Litbang Pertanian
 
Top