PESISIR SELATAN, KOMPAS.com - Pelabuhan Panasahan di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat disiapkan sebagai penyangga Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang.
Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Selasa (21/6/2011), mengatakan, pada tahun 2012 diharapkan pembangunan pelabuhan itu bisa dikembangkan.




Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat.


"Pelabuhan itu untuk menyangga Pelabuhan Teluk Bayur yang mulai padat," kata Nasrul, saat pembukaan Festival Langkisau 2011 di Obyek Wisata Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan.
Ia mengatakan, Pelabuhan Panasahan ditargetkan dapat menjadi lokasi bongkar muat komoditas CPO (crude palm oil/minyak mentah sawit) dari sejumlah daerah tetangga seperti Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Nasrul mengatakan, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan 12 perusahaan swasta, untuk bisa melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Panasahan.

Pelabuhan Panasahan yang dibangun sejak 2002 dan selesai pada 2008 itu, memiliki luas sekitar 50 hektar. Aktivitas bongkar muat dalam skala kecil sudah dilakukan, dan akan dikembangkan sebelum bisa menampung aktivitas bongkar muat CPO.

Sumber;
http://regional.kompas.com/read/2011/06/21/19160810/Pelabuhan.Panasahan.Sangga.Teluk.Bayur

 
Top