Peranan dan fungsi penyuluhan pertanian dewasa ini memerlukan berbagai penyesuaian selaras dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam perkembangan teknologi. Penyebaran berbagai informasi penyuluhan pertanian yang selama ini dilakukan dengan media cetak maupun media elektronik dirasa masih belum optimal.

Media cetak yang selama ini menjadi media utama dalam proses penyampaian informasi pertanian yang didistribusikan melalui fasilitas pos udara, seringkali terlambat sampai di tempat tujuan apalagi di daerah-daerah yang sangat jauh, terpencil dan sarana transportasinya yang masih belum bagus.
Berbagai materi penyuluhan yang selama ini disdistribusikan melalui media cetak seperti koran, majalah, tabloid, brosur, leaflet,dan media cetak lainya bukan hanya mengalami kendala keterbatasan distribusi saja, juga jumlahnya relatif terbatas, dan memerlukan biaya pencetakan serta biaya transportasi yang besar.


Sedangkan dukungan yang diperankan oleh media elektronik seperti televisi dan radio, kadangkala penayanganya nasih belum tepat waktu dan tepat tempat. Distribusi materi penyuluhan melalui media elektronik seperti televisi dan radio bukan hanya memerlukan biaya yang sangat besar, namun juga waktu tayangnya sangat terbatas dan belum tentu dapat diterima oleh para petani sampai ke pelosok-pelosok
Berkaitan dengan hal ini Kementrian Pertanian melalui Pusat Pengembangan Penyuluhan (PUSBANGLUH) melakukan modifikasi penyusunan dan penyebaran informasi penyuluhan pertanian melalui jaringan yang terkoneksi dengan internet yang disebut dengan cyber extension.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa cyber extension merupakan sistem informasi penyuluhan pertanian melalui media internet yang dibangun untuk mendukung penyediaan materi penyuluhan dan informasi pertanian bagi penyuluh dalam memfasilitasi proses pembelajaran agribisnis pelaku utama dan pelaku usaha.

Pengembangan cyber extension secara umum bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pertanian berbasis web yang terpadu, terintegrasi, tepat guna dan bermanfaat bagi penyuluh, kelembagaan penyuluhan serta para pelakuk agribisnis ataupun para pihak lainya. Dengan cyber extension ini dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan para penyuluh, pelaku utama, pelaku usaha dan masyarakat pertanian sesuai kebutuhan spesifik lokasi sehingga mempercepat peningkatan penyediaan materi penyuluhan pertanian bagi penyuluh dan pelaku usaha. Berkembangnya cyber extension juga dapat mempercepat arus informasi pertanian dari pusat sampai ke daerah dan dapat meningkatkan akses petani dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Cyber extension dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pelayanan data dan informasi penyuluhan khususnya membantu memperlancar dan mempermudah fasilitasi kepada pelaku penyuluhan terutama para penyuluh pertanian baik penyuluh pertanian PNS, Swasta maupun Swadaya, Dalam hal ini cyber extension berperan dalam mendukung penyediaan informasi yang memadai sebagai bahan dalam memfasilitasi proses pembelajaran tersebut.

Kebijakan yang diambil oleh Kementrian Pertanian dalam hal ini Pusat Pengembangan Penyuluhan (PUSBANGLUH) untuk membangun dan mengembangkan cyber extension sudah selayaknya harus didukung semua pihak baik di pusat maupun di daerah. Kita semua berharap pengembangan cyber extension ini dapat memacu peningkatan kinerrja penyuluh pertanian dan selanjutnya berpengaruh positif terhadap perkembangan serta kemajuan petani dalam mengembangkan usahataninya.

Tampilan website Cyber Extension bagus, informatif dan fitur-fitur sangat fungsional dan lengkap. Anda bisa mengunjungi website Cyber Extension yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh Pusat Pengembangan Penyuluhan (PUSBANGLUH) Kementrian Pertanian dengan mengklik link ini disini. (Bahan : Buku Panduan Penggunaan Cyber Extension, PUSBANGLUH Kementrian Pertanian, Jakarta 2010).



Sumber Informasi: Saung Tani
 
Top