Belakangan ini, Indonesia dihadapkan dengan beragam persoalan yang cukup pelik, mulai dari dampak negatif krisis ekonomi Eropa hingga persoalan serius energi akibat tingginya harga minyak dunia. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) atau Science and Technology merupakan salah satu jawaban untuk memecahkan berbagai persoalan negeri ini.

Indonesia mempunyai banyak peneliti-peneliti yang cerdas, profesional dan tangguh. “Saya yakin para peneliti, khususnya di LIPI, dengan segala kemampuan yang dimiliki mampu berkontribusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi bangsa ini,” ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) Kedeputian Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) LIPI, Rabu (29/2), di Mataram Nusa Tenggara Barat. Raker mengangkat tema ‘Peningkatan Peran dan Kontribusi Ilmu Pengetahuan Kebumian dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan melalui Reformasi Birokrasi’.

Lukman melanjutkan bahwa Indonesia tengah berada di ambang krisis energi yang serius. Pemakaian energi alternatif yang bersifat terbarukan sebagai pengganti energi fosil sudah mendesak. Indonesia mempunyai banyak sumber daya energi yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti energi fosil dan minyak bumi. “Salah satunya pemanfaatan sumber daya laut seperti pasang surut laut, arus laut, gelombang dan Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC) serta konversi ganggang laut (algae) menjadi bahan bakar minyak,” jelasnya.

Ia menambahkan, sumber energi bisa datang dari geothermal, tenaga angin, surya dan air yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian dan pengembangan beragam sumber energi ini membuka peluang para peneliti untuk berkontribusi memecahkan krisis energi.

Dikatakannya bahwa disamping krisis energi, Indonesia juga menghadapi masalah lain yang tidak kalah pelik seperti isu ketahananan pangan dan manajemen sumber daya air. Perubahan iklim dan degradasi lingkungan pun merupakan isu nasional dan global yang harus cepat ditangkap dan dicari solusinya. “Peran science and technology, khususnya bidang ilmu pengetahuan kebumian menjadi relevan dengan berbagai permasalahan saat ini. Program penelitian bidang IPK harus menjawab beragam persoalan tersebut,” tandasnya.
Dia menambahkan, melalui program penelitian yang berkontribusi terhadap pemecahan persoalan bangsa, Kedeputian IPK LIPI tentu dapat menghasilkan produk-produk penelitian yang memberikan karya Besar, Signifikan dan Nyata. Hal tersebut sejalan dengan langkah Reformasi Birokrasi di LIPI untuk mewujudkan LIPI ‘PASI BARU’. “PASTI: Professional, Adaptive, Scientific integrity, Teamwork and Innovative dan BARU: Being Accountable, Responsible Utilizing resources effectively and efficiently,” pungkasnya. 
(Mataram, 29 Februari 2012 – Humas BKPI LIPI).

 Sumber : Humas BKPI-LIPI, 5 Maret 2012
Lipi,  
Pusat penelitian Oceonografi, 
http://www.oseanografi.lipi.go.id/id/content/pemanfaatan-science-untuk-pecahkan-permasalahan-bangsa

Bahasa Indonesia
Tags: pemanfaatan science
 
Top