Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.
Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".

Jeruk Keprok Variety Batu 55 ini merupakan varietas tanaman yang memiliki ketinggian tanaman rata rata 2,25m berumur 15 tahun, Relatip bulat bentuk tanaman speroid, Cabang rapat mengarah

ke atas. Diameter batang atas rata rata 8,5 cm. Daun berwarna hijau  sepanjang tahun dengan type daun tunggal dan berbentuk Oval. jumlah bunga pertahun 2-6 kuantum  dan bentuk bijinya Oval.


Sumber: BADAN LITBANG PERTANIAN

 
Top