Salam Penyuluhan dan sukses selalu buat petani kita semua di indonesia!! Anda mungkin sudah pernah membaca postingan kami sebelumnya,
sebab Beberapa waktu yang lalu  telah diposting aplikasi  manfaat
GA3 dan cara aplikasi GA3 pada berbagai tanaman. Kali ini saya akan memberikan tips cara membuat giberellin Tablet atau GA3 Tablet.
GA3 dipasaran dijual dalam berbagai formulasi, tepung, cair dan tablet. Kalau GA3 tepung dan cair saya kira rekan-rekan sudah paham cara membuatnya. Sedangkan GA3 tablet memang ada beberapa tahap dan beberapa bahan kimia yang harus digunakan. Sehingga Giberellin ini akan mempunyai efek effervesent (mudah larut dan mengeluarkan gelembung ketika dimasukkan ke dalam air).
Pada prinsipnya pembuatan Giberellin tablet hanya menggabungkan bahan asam dan bahan basa, sehingga akan bereaksi effervesent ketika bersentuhan dengan air.

Cara Membuat GA3 (Giberellin) Tablet Effervesent:
 Granul Asam
  1. Acid Citric          20 %
  2. Lactose              20 %
  3. PVP K 25/30         2 %
  4. Alkohol 96 %         3 %
Prosedur Pembuatan Granul Asam : PVP K 25/30 dilarutkan dalam alkohol 96 %, tambahkan laktose dan Acid Citric.

Granul Basa
  • Sodium Bicarbonate 30 %

Prosedur Pencampuran : Granul asam + Granul Basa + GA3 20 %  + Magnesium Stearat 1 % + Talcum 2 % + HDK Wacker 2 %. Setelah tercampur secara homogen, kemudian dicetak menjadi tablet yang kandungan airnya tidak boleh lebih dari 0,5 %.

sepertinya ini Mudah bukan? Tulisan  ini sebenarnya hanyalah sekedar informasi saja bagi para penyuluh pertanian dan juga anggota petani juga masyarakat tani Indonesia, karena para petani rasanya nggak perlu membuat GA3 tablet effervesent. cukuplah petani hanyalah pemakai yang membutuhkan GA3 dalam jumlah yang sedikit (sesuai kebutuhan tanamannya saja). Yang perlu membuat tentunya para produsen atau penjual GA3. Informasi ini sengaja saya berikan agar petani tidak heran dan bisa paham tentang cara pembuatan giberellin tablet effervesent, dan ini juga merupakan teknologi tepat guna yang dapat anda lakukan.
Demikian sampai disini saja dulu Semoga tulisan ini bisa menambah kasanah pengetahuan bagi Petani Indonesia dan tentunya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Salam Sukses Buat semua......!
ditulis oleh Maspary
 
Top