Memelihara ikan itu bisa dimana saja kapan saja dan siapa saja, apakah itu sebagai Petani, Pengusaha, pegawai, ARTIS  atau bukan,...laki-laki ayaupun Perempua, dan saya rasa semua orang suka dan menyenangi, permasalahannya adalah waktu, kesempatan. peluang, hoby, jenisnya  dan tempat  yang sering menjadi bahan yang kita dengar secara bersama.


Gambar ini hanya sebuah contoh yang sederhana
dan anda bisa memodofikasikannya sesuai dengan selera dan lokasi yang strategis
 (Ditempat ini kita bisa melupakan segala Problem)


sebuah Pengalaman pak tani sebagai anggota Pokdakan, yang patut kita tiru dan bisa untuk di ikuti, karena setelah kita tahu bahwa banyak sekali manfaat memelihara ikan.

Selain memiliki dan menjadi hoby atau kesenangan, jug
a menambah pendapatan. Adalagi yang paling menyenangkan kalau kita memiliki lahan yang strategis, kita bisa memanfaatkan lahan tersebut dengan sebaik mungkin, terutama bagi penggemar atau sebagai pelaku utama dan pelaku usaha, kita bisa merancang untuk memelihara ikan dengan menambah manfaat lainnya. yaitu dengan menambahkan Gubuk atau tempat persinggahan sementara.

Adapun manfaat Tempat persinggahan adalah sbb:
  1. Menghilangkan stress, akibat kerja di luar yang terlalu berlebihan.
  2. Menghibur diri dengan melihat ikan sambil memberi pakan. (dengan melihat ikan dan memberi makan pada ikan kita asyik dan dapat melepaskan kejenuhan akibat pekerjaan yang terlalu membosankan).
  3. Dapat dijadikan sebagai peristirahatan sementara, (di sini merupakan suatu cara kita untuk beristirahat sementara, akibat terlalu capai, jenuh, stres dll, dengan gubuk sederhana ini bisa singgah dan beristirahat sementara).
  4. Mempermudah pada saat memberikan pakan ikan,
  5. Mempermudah melakukan pengontrolan dalam pemeliharaan
  6. Mempermudah Pengambilan ikan pada saat panen
  7. Menikmati suasana alam terbuka dengan udara segar, dan memberikan kesehatan bagi pelaku usaha atau pelaku utama
  8. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

 untuk menentukan dalam pembuatan tempat peristirahatan sementara dalam Pemeliharaan ikan   sebenarnya tidak juga memerlukan lokasi yang luas, katakanlah dengan ukuran kecil sekalipun hanya 2,5m x 1,5m dan dengan bahan yang sederhana misalnya dengan atap pelepah daun, alang-alang dengan menggunakan anyaman bambu juga bisa, yang penting rapi, bersih, jadi dengan demikian juga dapat membangkitkan semangat kita untuk selalu memantaunya lebih enak, mudah, berselera dan myaman dan  inipun cukup lumayan. Tapi juga tidak apa jika kita mau bikin yang agak bagus dengan model permanen dan lux ataupun agak antik yang penting dapat disesuaikan dengan selera dan kondisi yang ada.

Namun yang paling penting dalam pembuatan tempat persinggahan ini  sebaiknya penempatannya berdekatan dengan Pintu kolam dimana masuknya air.
hal ini dimaksudkan:
1.       Untuk mempermudah kita pada saat melakukan Pemantauan di sekitar kolam,
2.       Mempermudah memberikan makanan pada ikan
3.       juga untuk pelaksanaan pemanenan pada saat yang ditetapkan.

 
jadi kalau kita termasuk orang yang memiliki Hobby memancing sebenarnya dengan memiliki kolam sederhana dan tempat persinggahan yang dibuat sedemikian rupa juga bisa dimanfaatkannya, bahkan sekarang juga sudah banyak mereka yang memiliki tempat dalam pemeliharaan ikan sekaligus di buat untuk   orang-orang tertentu yang memiliki hobby memancing dan tempatnya juga di buat se indah mungkin sehingga banyak memiliki manfaat yang berlipat ganda,..........



Saya kira sampai di sini dulu semoga bermanfaat.


 
Top