Sebagai pelaku utama dan  pelaku Usaha dalam  melaksanakan Usaha Perikanan, khususnya dalam pemeliharaan ikan di kolam air  tawar maupun tambak sudah jelas ditunutut oleh diri kita sebagai pelakunya agar apa yang diusahakan khususnya pada usaha pembesaran dapat berkembang atau tumbuh dengan baik, cepat dan tumbuh besar sehingga   produksi akan berhasil secara baik dan bisa memuaskan.

Untuk mencapai hasil tersebut sudah jelas kita sebagai pelaku utama dan pelaku usaha perlu memahami beberapa tehnik yang harus dijalankan  sehingga apa yang dilakukan dalam usaha tersebut dapat berhasil dengan baik dan ikan bisa tumbuh berkembang secara  cepat dan sempurna.  

Dengan melakukan sistim usaha yang kita lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan berarti meningkatkan pendapatan hasil budidaya. Pertumbuhan ikan yang relatif singkat akan mempercepat proses panen, sehingga perputaran uang pun akan semakin cepat.

Adapun cara yang harus dilakukan oleh pelaku utama atau pelaku usaha tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan ikan yaitu selain melaksanakan sistim budidaya yang tepat sesuai  anjuran kita perlu memperhatikan beberapa hal   penting  yang perlu kita sikapi  antara lain sebagai berikut:

1. Pemberian Pakan
Pemberian pakan yang tepat dan mencukupi akan mempengaruhi proses pertumbuhan terhadap ikan. Ikan akan tumbuh optimum apabila diberi pakan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, pakan yang baik adalah pakan yang mengandung nutrisi yang lengkap, yaitu cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin. Nutrisi yang berperan dalam membantu proses pertumbuhan ikan yaitu protein, karena protein sangat berperan dalam usaha untuk meningkatkan pertumbuhan. jadi ketika kita akan membeli pakan tersebut maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kandungan protein pada pakan tersebut.

Pemberian pakan harus cukup tidak lebih dan tidak kurang. Bila pakan yang diberikan kurang maka proses pertumbuhan ikan akan menjadi lambat, tetapi apabila pakan yang diberikan kepada ikan berlebih maka hal ini juga tidak baik, karena bila pakan berlebih dan tidak dimakan oleh ikan maka pakan tersebut akan menjadi busuk di dasar kolam, sehingga akan menurunkan kualitas air kolam, sehingga ikan tersebut akan rentan terhadap timbulnya penyakit.

pemberian pakan yang cukup yaitu sesuai dengan kebutuhannya pakan yang diberikan per hari berkisar antara 3 - 5% dari berat tubuh total ikan yang dipelihara.



2. Kualitas air
Dalam usaha pemeliharaan ikan kualitas aiir sangat dibutuhkan, karena dengan kualitas air yang baik akan membantu proses pertumbuhan ikan. kualitas air menyangkut pada parameter , suhu, pH, oksigen, kecerahan, amoniak.

sarat kualitas air kolam yang baik untuk pertumbuhan ikan yaitu :
  1. suhu 25 - 30 derajat celcius
  2. pH 6,5 - 8,5
  3. Oksigen > 4 mg/l
  4. Kecerahan 25 - 30 cm
  5. Ammoniak (NH3) <0,01 mg/l 3.
Pengelolaan dan penanganan ikan akan tumbuh dengan baik apabila pengelolaan dan penanganan nya dilakukan dengan baik. pengelolaan yang baik yaitu menyangkut pada cara pemberian pakan, pengontrolan kualitas air, pengontrolan hama penyakit, pengontrolan faktor luar lingkungan hidup.



3. Faktor Keturunan
Pertumbuhan ikan yang baik adalah pada ikan yang mempunyai keturunan yang baik, induk yang jelas, dan benih ikan hasil seleksi. Jadi ketika akan memelihara ikan maka kita harus tahu asal usul dari ikan tersebut

Namun demikian, walaupun kita sudah melaksanakan hal penting seperti yang saya jelaskan di atas yang perlu di sikapi, tapi pelaksanaan sistim budidayanya juga perlu dilaksanakan dengan baik sebagaimana mestinya.



Demikian semoga ada manfaatnya
sumber Informasi:
»        Sistim Budidaya Perikanan yang baik
»        Direktorat Jendral Perikanan Budidaya
 
Top