Seperti biasa,..??!  sebelum lebaran tiba kurang lebih beberapa hari menjelang hari H nya masyarakat kita sudah mulai ngumpul  mereka saling membantu membuat ketupat lebaran, mungkin karena itu sudah menjadi Tradisi kali yah..  saat saat seperti inilah rasa syukur dan Nikmat kita terasa sekali karena selain bisa berkumpul dengan keluarga, sanak famili, handai taulan, disana memiliki rasa kekeluargaan yang meliputi rasa persatuan dan kesatuan dalam kekeluargaan baik tetangga maupun kerabat. dan itulah Tradisi kita sebagai bangsa Indonesia, ..


Berbicara soal lebaran, kita selalu ingat dan membayangkan ada apa yah dengan Lebaran, selain ada beberapa yg tampak sekilas.....hehe..kadang pikiran ini sekilas terbayang soal Ketupat,....ya begitulah, karena Ketupat merupakan salah satu hidangan khas pada saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Nah, biasanya buat para ibu rumah tangga selalu menyajikan ketupat sebagai pelengkap makanan lebaran. untuk itu bagi sobat-sobat dan semua yang ingin belajat tentang cara membuat   ketupat  ikuti saja petunjuknya di bawah ini yah...:
Bahan yang digunakan untuk membuat ketupat Idul Fitri adalah janur. Jika anda tidak ingin repot-repot untuk membuatnya, Anda dapat membelinya di pasar tradisional. Namun jika Anda ingin berkreasi dengan membuat ketupat berikut langkah untuk membuat ketupat:
  • Langkah pertama adalah gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
  • Lalu ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda yang satu lagi sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
  • Lalu buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.
  • Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
  • Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
  • Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
  • Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.
Setelah bungkus dari ketupat telah selesai, maka cara membuat ketupat lebaran idul fitri adalah :
  1. Usahakan beras yang nantinya akan Anda gunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen.
  2. Lalu siapkan kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar matangnya bersamaan. Cuci bersih kulit ketupat lalu tiriskan.
  3. Cuci bersih beras pulen (beras pulen yang dapat Anda gunakan adalah rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam beras tersebut dalam air dingin selama 1 jam. Anda dapat menambahkan bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih jika suka. Lalu tiriskan.
  4. Kemudian isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian dari kulitnya hingga terisi beras.
  5. Jika semua sudah beres, susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar.
  6. Tuangi air panas lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya.
  7. Jika sudah matang, lalu angkat ketupat dan tiriskan. Lalu gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin.
Untuk membuat ketupat yang enak ada beberapa tips membuat ketupat agar enak:
  • Ketupat tahan selama dua hingga tiga hari jika disimpan dengan baik atau dimasukkan ke dalam lemari es.
  • Gunakan anyaman janur yang rapat dan bagus kondisinya agar tidak timbul noda coklat pada ketupat.
Demikian cara membuat ketupat Idul Fitri, semoga dapat menambah koleksi resep untuk mempersiapkan menu Hari Raya Idul Fitri. Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain seperti Cara Membuat Resep, Mengatur menu, dan resep lainnya.


selamat mencoba,  semoga bermanfaat .....

 
Top