Kondisi lingkungan laut yag berbeda-berbeda memaksa organism penghuninya untuk melakukan adaptasi. Salah satunya yaitu adapatasi yang dilakukan organism di laut dalam, yaitu dengan adanya perubahan warna.

Ikan-ikan mesopelagik cenderung berwarna abu-keperakan atau hitam kelam. Tidak terdapat kontras warna seperti halnya pada ikan daerah epipelagik. Sebaliknya invertebrate mesopelagik berwarna ungu atau merah cerah. Ubur-ubur mesopelagik sering berwarna ungu kelam, sedangkan crustacean dan bermacam-macam udang berwarna merah cerah.

Karena organism-organisme ini hidup pada nuasa gelap, organism yang berwarna hitam tidak akan kelihatan. Tetapi kenapa ada organism yang berwarna merah cerah? Merah adalah warna yang pertama kali terserap oleh air laut. Jadi organism yang berwarna merah juga akan tampak hitam di laut dalam.
Organism yang hidup di zona abisal dan bathialsering tidak berwarna atau berwarna putih kotor, dan tampak tidak berpigmen, khususnya hewan-hewan bentik. Tetapi ikan penghuni kedua zona ini berwarna hitam.

Adaptasi lain yang teutama tampak pada ikan penghuni zona mesopelagik dan batipelagik bagian atas ialah adanya sepasang mata yang besar. Jika dibandingkan dengan besarnya tubuh, ukuran mata ikan-ikan ini jauh lebih besar daripada ikan-ikan epipelagik. Pada umumnya ada korelasi antara ukuran mata yang besar dengan adanya organ-organ penghasil cahaya. Ikan-ikan ini berenang dibagian atas laut dalam dimana masih ada sedikit cahaya. Cukup banyak dari ikan-ikan ini mengadakan megrasi ke daerah epipelagik pada malam hari. Mata yang besar memberikan kemampuan maksimum untuk mendeteksi cahaya di dalam perairan dimana intensitas cahaya sangat dan mungkin diperlukan pula untuk emndeteksi cahaya berintensitas rendah yang dihasilkan oleh organ-organ penghasil cahaya.

Pada ikan, memperluas permukaan mata merupakan salah satu adaptasi. Ikan-ikan ini juga memiliki penglihatan senja yang peka karena adanya pigmen rodopsin dan tingginya kepadatan batang retina. Ukuran tubuhnya sangat kecil jika dibandingkan dengan kerabat-kerabat mereka diperiran yang dangkal.



Dikutip dari : Majalah anak-anak (lupa judul)
 http://thebjgroup.wordpress.com/2012/08/12/adaptasi-organisme-laut-dalam/
 
Top