Pagi hari adalah waktu burung-burung bernyanyi, para kumbang hinggap pada kembang dan hewan-hewan lain juga mulai mencari makan. Di sungai-sungai, sekawanan ikan mulai berenang-renang begitu juga isi lautan dipenuhi satwa yang mulai sibuk. Sementara kelomang dan kepiting perlahan menjejakan kakinya di pasir, beberapa reptil merayap pepohonan.

13458265141318194715

Foto oleh Widianto Didiet (Album Kampret)
Begitulah hari demi hari mereka beraktifitas, barangkali pula menunggu Anda mengabadikan gerakannya dan tingkah-polahnya. Sama halnya bagi yang memiliki kucing maupun anjing yang lucu, mengapa tak meluangkan waktu untuk memotret matanya yang memesona, bulu-bulunya yang halus dan berwarna cerah.



1345826900307714697 
Foto oleh Dwi Purwanti (Album Kampret)

Bagi yang berminat dengan macro photography, tentu sejumlah serangga yang eksotik adalah objek menarik. Belalang, semut juga kepak sayap kupu-kupu: keindahan di sekitar kita, bisa jadi hanya beberapa meter dari ruang tamu kita.
13458270151897407981
Foto oleh Nana Aza (Album Kampret)

Animal and Pets Photography adalah tema Weekly Photo Challenge (WPC) yang ke-19 kali ini, mungkin bukan genre yang asing bagi Anda semua pecinta fotografi. Sedikit tips dari kami boleh jadi dapat membantu melaksanakannya:
  1. Menggunakan cahaya natural, adalah bagus buat menghindari efek merah pada mata hewan yang disebabkan lampu kilat. Andai lampu flash ingin digunakan, pastikan mempunyai diffuser sehingga intensitasnya merata.
  2. Seperti memotret manusia: mata adalah bagian paling penting, sebaiknya diusahakan tajam dan mempunyai ekspresi.
  3. Cari sudut bidik dari berbagai arah, bisa jadi dari atas kepala atau sebaliknya. Kadang mengharuskan anda berbaring demi merekam keindahannya.
  4. Jika mempunyai fasilitas makro, jangan ragu-ragu memakainya.
  5. Kesabaran adalah kata kunci: menunggu ikan-ikan keluar dari persembunyiannya, menunggu burung-burung hinggap di dahan, mungkin agak melelahkan tapi sebanding dengan hasilnya.
Dan masih ada beberapa teknik yang ada baiknya dikembangkan sendiri. Sertakan kreatifitas Anda, agar hasilnya seperti yang diharapkan, bahkan mungkin mengejutkan diri Anda sendiri. Ayo, segera amati lingkungan sekitar Anda!

13458271181064289574
Foto oleh Nanang Diyanto ds (Album Kampret)


sumber: Kompasiana
 
Top