Solidaridad Asia (SNAL-Solidaridad Network Asia Limted) bekerjasama dengan PT Kertabhumi membuat mendirikan Solidaridad Indonesia. Dengan nama PT Solidbhumi tujuanya adalah untuk mengembangkan kerja dan komitmen Solidaridad dalam mendukung terwujudnya rantai supply berkelanjutan.
PT Solidbumi merupakan lembaga konsultasi manajemen agribisnis berkelanjutan yang bertujuan memperluas peluang kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia dalam membangun sektor agribisnis yang berkelanjutan.
Sebagai program awal, PT Solidbhumi akan mengelola dana sebesar 1,5 juta euro untuk program sawit berkelanjutan bekerjasama dengan PTPN VIII.  Program ini bertujuan menjamin terselanggaranya praktek sawit berkelanjutan oleh petani, perkebunan besar dan unit pengolahan.
Caranya dengan menggelar praktek usaha yang mengurangi dampak negatif dari perkebunan kelapa sawit, limbah pengolahan, perubahan sosial masyarakat sekitar akibat adanya kebun sawit dan meminimalkan konflik antar pelaku di sepanjang rantai supply.
Perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan akan mendorong praktek bisnis yang transparan dan antikorupsi sehingga mengoptimalkan semua pelaku yang terlibat, khususnya petani.
Praktek berkelanjutan juga membantu produsen kelapa sawit untuk bijak mengelola perkebunan dan menghindari perilaku yang tidak perlu yang dapat mengancam atau memberikan beban terhadap lingkungan hidup dan sosial.


Sumber:
 
Top