Suatu studi terkini dalam jurnal ACS : American Chemical Society Sains & Teknologi memberikan kejutan menyenangkan yang agaknya bakal melegakan bagi khalayak ---yang kebanyakan merasa banyak yang harus dilakukan namun hanya memiliki sedikit waktu yang tersedia untuk melakukannya--- yakni betapa berolahraga di alam hijau terbuka : “Green Exercise” cukup hanya 5 (lima) menit berolahraga di taman, jalan santai di alam, atau ruang hijau lain akan memberikan manfaat bagi kesehatan mental.

Itulah jawaban atas seberapa lama aktivitas “Green Exercise” hingga dapat memperoleh peningkatan tertinggi bagi setiap orang untuk suasana hati ( mood ) dan perasaan senang ( personal well-being ) ?

Peneliti Jules Pretty dan Jo Barton menjelaskan berdasar kajiannya, bahwa berolahraga di kehijauan layaknya taman merupakan kegiatan fisik di hadapan alam. menunjukkan beragam bukti ilmiah melimpah bahwa aktivitas di alam menurunkan resiko penyakit mental dan meningkatkan perasaan senang. Walau hingga sekarang, tidak ada yang tahu berapa banyak orang harus menghabiskan waktu beraktivitas di kehijauan alam untuk memperoleh dan manfaat hasil yang nyata.

Pretty meyakinkan dalam penelitiannya bahwa untuk pertama kalinya dalam literatur ilmiah, penelitiannya telah mampu menunjukkan hubungan antara durasi dan reponse yg diperoleh : dose-response relationships untuk efek positif dari alam terhadap kesehatan mental manusia.


Analisis dari 1.252 orang (dari status yang berbeda dari usia, jenis kelamin dan status kesehatan mental) yang disarikan dari (10) sepuluh studi yang dilaksanakan di negeri Inggris Raya, para peneliti dapat menunjukkan bahwa aktivitas di alam terbuka membawa perbaikan nyata pada kesehatan fisik dan mental.

Analisis penelitian meliputi kegiatan seperti berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berperahu, berkuda dan pertanian. Perubahan kesehatan terbesar terjadi pada kaum muda dan mental-sakit, walaupun orang-orang dari segala usia dan kelompok sosial yang diuntungkan. Semua lingkungan kehijauan alami yang menguntungkan termasuk taman di perkotaan. daerah kehijauan dengan rekreasi air menjadi nilai tambahekstra. Lingkungan dengan bentang alam kehijauan dan kebiruan tampaknya lebih baik untuk kesehatan.

Pretty menerangkan berdasar apa yang telah ada dari literatur bahwa suatu perbaikan kesehatan mental jangka pendek adalah akan memberikan perlindungan manfaat kesehatan jangka panjang. Dan diimbuhkan Barton dari hasil kajiannya bahwa, akan ada potensi bermanfaat besar untuk individu dan masyarakat, serta bagi biaya pelayanan kesehatan jika segenap kelompok masyarakat untuk dapat lebih mengobati diri sendiri dengan giat beraktivitas olahraga di alam hijau terbuka.

Sumber: Up-dates situs publikasi: pubs.acs.org
 
Top