Sampai kapan kita menjadi Negara berkembang?????
Melihat hari demi hari perkembangan Indonesia tidak semakin membaik, malah semakin kompleks dan rumit. perekonomian di bagian atas memang berbeda dari yang dibawah. Si kaya bertambah kaya dan si miskin semkin terimpit. Perpolitikan Indonesia juga tidak jauh beda, yang satu mempunyai tujuan A, yang lain malah A+B. Dalam bidang pendidikan, Indonesia malah seperti stagnan saja. Kalaupun ada yang menang, bukan berarti menggambarkan keseluruhan rangkaian pendidikan yang ada di Indonesia.


Bagaimana kalau kita menjadi negara yang dijajah saja. Austalian menjadi sukses karena mengikut sistem yang ada di Inggris. Bahkan mereka bisa berdiri sendiri diatas tanah kelahiran mereka. Kita, berdiri saja susah, mau berjalan di sodok sana-sini, apalagi mau berlari. teman memakan teman, teman membuang teman, akhirnya semua sengsara. Kita sama sekali tidak punya visi kenegaraan.

Menjadi negara maju adalah impian semua negara, tetapi jika melihat keadaan saat ini, prediksi kedepan mungkin kita akan menjadi negara miskin. Kalaupun kaya, mustahil akan didapat dalam 100 tahun kedepan. Ini bukanlah pesimistis, tetapi rangkaian yang mengatur semua bentuk menuju negara maju tidak ada sama sekali. Bahkan terlihat seolah-olah berjalan sendiri-sendiri.

Amerika butuh waktu 100 tahun untuk menjadi negara maju, kita sudah hampir 3/4 nya. Banyak orang mengatakan  bahwa kita jangan dibandingkan dengan Amerika karena mereka sudah lama menjadi negara merdeka. Tetapi perjalanan mereka pada saat itu belum secepat sekarang. telepon genggam yang bisa mengirimkan kabar hanya dalam beberapa detik dibandingkan pada saat itu yang mengirimkan kabar melaui surat. jadi ada perbedaan 1 detik : beberapa ribu detik dalam hal kecepatan. Seharusnya beberapa tahun kedepan kita sudah bisa menyamai Amerika pada tahun 1990.

Terserah opini anda, apakah kita bisa menjadi negara maju?????
 
Top