Holothuria nobilis


Di Indonesia ini banyak spesies biota perairan yang memiliki kekhasan habitat dan hanya hidup di lokasi tertentu (endemic), serta memiliki fungsi ekologi yang sangat penting namun banyak yang belum diketahui oleh para pengambil kebijakan dan juga masyarakat. Hilangnya spesies tertentu ini sebenarnya sedang terjadi di hadapan kita semua. Hal ini merupakan awal dari jejaring ekologi yang akhirnya akan mengganggu keseimbangan Ekosistem. Atas dasar itu maka pemanfaatan dan perlindungan biota perairan perlu dimanfaatkan secara bijak (Sumber: Kepala Pusat penelitian biologi).
Sekitar 23 spesiesholothurians atau teripang (Beche-de-mer) dipanen, targetutama adalah jenis nilai komersial tertinggi, termasuk putih teatfish Holothuria fuscogilva dan berduri redfish ananas Thelenota. Hitam teatfishHolothuria whitmaei adalah jenis spesies yang sangat menjadi target utama untuk dicari tetapi populasihewan ini telah menurun dan perlu perlindungan untuk keseimbangan ekosostemnya.
  
A. Klasifikasi
Filum : Echinodermata
Bangsa : Holothuroidea
Suku : Holothuriidae
Marga : Holothuria
Spesies : Holothuria (microthele) nobilis Slenka, 1867

B. Morfologi
Bentuk tubuh oval, panjang mencapai 55 cm, pada umumnya 37 kg, berat badan mencapai 1,7 kg sampai 4 kg, warna coklat tua sampai hitam, punggung cembung, dinding tubuh halus dan tebal, sering ditutupi dengan pasir, berbeda dengan teripang lainnya, mempunyai banyak kaki. Ketebalan dinding tubuh mencapa 12 mm.

C. Habitat dan Penyebaran
Neritic bentik, jarang dijumpai, berada pada batu pasir dan karang karang mati, kedalam perairan hingga 20 m. Daerah penyebaran meluas di daerah tropis indo-pasific

D. Status
perlu adanya UU-RI; menjadi isu dan dibahas pada COP 14 CITES

E. Ancaman
Jenis teripang Holothuria nobilis memiliki potensi fekunditas (jumlah telur) sedang atau menengah. Penangkapan dilakukan oleh nelayan dengan cara dipungut tangan pada saat surut. Penangkapan dengan cara diselam menggunakan peralatan selam, menyebabkan populasi sangat rentan karena dieksploitasi secara berlebihan.

Sebaiknya, Perlu kebijakan dalam pengelolaan teripang jenis Holothuria nobilis, segera ditetapkan status perlindungannya, dan upaya konservasi pada beberapa wilayah habitatnya


Kementerian Kelautan dan Perikanan.


 
Top