Dengan Al-Quran yang menjadi dasar dan mendalaminya, kami ingin memaparkan beberapa ayat-ayat di dalam Al-Quran yang menerangkan tentang kata “ harta “dalam beberapa tempat yang berbeda tempat dan masing-masing tempat tersebut mengisyarakan adanya perhatian Islam terhadap, masalah harta. Dan di dalam Al-Quran menerang kan di masing-masing ayat- ayatnya. Yang kami simpulkan dalam beberapa hal berikut:

1. Harta sebagai suatu cobaan
Sebagian manusia diberi cobaan dengan berlimpahan banyak harta. Allah menberi cobaan pada manusia apa yang akan mereka lakukan dengan banyaknya harta yang mereka miliki, bersukur dan membelanjakan di jalan kebaikan atau di jalan yang diharamkan ?
Allah berfirman,



“ Dan ketahuilah, bahwa hartamy adan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar,”(Al-Anfal:28)

Dan Allah pun memberi cobaan pada hambanya ketika diberi harta yang berkurangan. Allah memberi cobaan tersebut agar hambanya senantiasa bersabar dan ridha, sebagaimana dalam firma-Nya,

“ Dana sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan.” (Al- Baqarah : 155)

2. Harta itu adalah harta Allah dan kita hanya diberikan kepercayaan untuk mengaturnya.
Allah memberikan harta kepada hambanya karena kepercayaan bagaimana kita mengatur harta tersebut. Sebagaimana dalam firman-Nya:

“ Dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang telah dikaruniakan kepadamu” (An-Nur:33)

3. Perlunya menyikapi harta secara bijak dan penuh kehati-hatian.

“ Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya,harta (mereka yang ada dalam kekuasaan mu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berikan mereka belanja dan pakaian ( dari hasil harta itu) dan ucapkan kepada mereka kata-kata yang baik” (An-Nisa)

Kita harus bijak ketika memberikan harta kita kepada seseorang. Apakah dia sudah cukup akal dan pikirannya dalam mengatur harta. Contohnya kita berikan pada anak kita yg berumur sepuluh tahun sejumlah uang. Kita harus pertimbangkan apakah dia mampu mengatur uangnya. Jangan berikan uang yang berlebihan kepadanya karena dia belum bisa mengatur uang yang kita berikan.

4. Harta yang halal dan tidak terhitung jumlahnya.
“Makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepadanya kamu menyembah”(Al-Baqarah : 172)

Allah memperintahkan untuk kita mencari harta yang halal, harta yang akan memberikan kita barokah dalam hidup kita. Dan kita harus senantiasa mensyukuri semua nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/public-speaking/2167220-pendapat-islam-mengenai-harta/#ixzz1SWxfGuwgd
 
Top