Manusia adalah mahluk yang lemah dan membutuhkan kekuatan untuk menjalani hidup dan kehidupannya. Ali Bin Abi Thalib menasehatkan bahwa ada unsur-unsur terbesar dan terbaik yang mampu mempengaruhi kekuatan ATAU melemahkan hidupnya.

DOSA terbesar adalah KETAKUTAN
Rasa takut dimiliki oleh setiap orang dengan berbagai macam bentuknya. Ada yang takut dengan hewan buas/hewan tertentu, ada yang takut dengan kerugian, lepasnya jabatan, hilangnya harta kekayaan, takut kepada seseorang. Ketakutan semua itu adalah hal yang wajar.
Namun ketakutan dalam menyampaikan kebenaran dari Allah kepada siapapun karena akibat yang bersifat keduniaan adalah Dosa terbesar.

MUSIBAH terbesar adalah KEPUTUSASAAN
Berbagai bentuk musibah yang dialami manusia. Baik yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri, kondisi alam atau cobaan yang datang dari Allah. Setiap musibah akan membawa dampak pada manusia baik secara pribadi maupun lingkunagn sekitarnya. Pengaruh musibah bisa dikatakan kecil apabila secara kejiwaan tidak berpengaruh atau secara individu mampu mengatasi pengaruh tersebut. Namun keputusasaan sesorang adalah musibah terbesar seseorang. Orang yang putus asa akan berakibat lemahnya semangat hidup yang selanjutnya akan melakukan jalan pintas seperti bunuh diri atau membunuh orang yang dinilai sebagai penyebab musibah sehingga menjadi curahan rasa dendamnya.

KEBERANIAN terbesar adalah KESABARAN
Memiliki keberanian merupakan suatu keunggulan seseorang. Berani melatih binatang buas, berani membela atasan/teman/bawahan atau lainnya, bahkan berani melakukan tindakan-tindakan yang berbahaya sekalipun. Keberanian untuk bersabar dalam meraih keinginan, cita-cita, menghadapi musibah dan menjalankan kewajiban terhadap orang lain, lembaga maupun kepada Tuhannya ternyata merupakan hal yang lebih berat. Ternyata kesabaran membutuhkan “tempat yang luas/lapang” di dada seseorang dari pada keberanian.

MISTERI terbesar adalah KEMATIAN
Setiap manusia akan mati, namun kapan, dimana dan bagaimana ia mati merupakan misteri yang tidak bisa diketahui kecuali telah terjadi. Ada manusia yang mati semasa di kandungan ibunya. Ada juga yang mati ketika masih anak-anak, remaja, dewasa maupun ketika sudah tua. Demikian juga penyebab kematiannya, ada yang mati karena kecelakaan, melahirkan, terbunuh, kena penyakit, mal praktek atau sebab lainnya. Ada yang mati ketika sedang tidur, ada yang sedang beribadah atau sedang melakukan maksiat. Tentu saja setiap manusia menginginkan kematiaanya dalam keadaan yang terbaik waktu, tempat dan penyebab kematiaanya. Oleh karena itu, upaya harus diarahkan sesuai dengan harapannya dengan memohon kepada Allah SWT.

KEHORMATAN terbesar adalah KESETIAAN
Setiap manusia lahir membawa bekal untuk mendapat penghormatan. Bekal yang menjadikan manusia terhormat adalah akal fikiran, hati dan nafsu. Ketiganya menyebabkan manusia bisa belajar ilmu sehingga berkembang kehidupannya. Nnafsu, akal fikiran dan hati sebagai sumber penghormatan yang tidak setia dalam koridor/ aturan yang telah ditetapkan oleh sang Pencipta akan melemahkan kehormatannya. Kesetiaan inilah yang menghantarkan manusia pada kehormatan yang terbesar. Kehormatan Nabi Adam AS tiba-tiba turun ketika kesetiaan terhadap rambu-rambu (larangan mendekati pohon buah khuldi) terabaikan.


KARUNIA terbesar adalah ANAK YANG SHOLEH
Karunia Allah untuk manusia beraneka bentuk, seperti: harta/kekayaan, kesehatan, anak-anak, ilmu atau lainnya. Semua rizki bisa menyenangkan atau menyusahkan dirinya. Keinginan manusia semua karunia Allah bisa membawa kesenangan dirinya. Namun apabila diminta untuk memberi bobot antara harta yang halal, sehat fisik/jiwa, ilmu bermanfaat dan anak-anak yang sholeh, maka anak-anak yang sholeh akan diberi bobot terbesar.

SUMBANGAN terbesar adalah PARTISIPASI
Manusia diciptakan Allah sebagai mahluk social yang menjalani hidup dan kehidupannya saling membutuhkan. Dalam menjalankan berbagai kegiatan menjadi berat dan hasilnya kurang baik ketika dikerjakan sendiri. Atasan tak ada kekuatan manakala tidak ada keterlibatan staf atau bawahannya. Keputusan gagal ditetapkan ketika partisipasi anggota tidak ada. Demikian juga program-program yang baik tanpa keterlibatan masyarakat atau rakyat, demikian seterusnya. Teranglah bahwa sumbangan yang terbesar dalam berbagai masalah adalah partisipasi orang lain.

MODAL terbesar adalah KEMANDIRIAN
Kalau dulu orang berpendapat bahwa modal utama berbisnis adalah (punya) uang. Apabila tidak punya uang tidak akan bisa berbisnis. Perkembangan waktu ternyataparadigma tersebut bergeser. Modal utama bisnis bukanlah memiliki uang tetapi memiliki keberanian menghadapi resiko, bekerja keras dan cerdas, tekun serta inovatif ternyata unsure-unsur kemandirian seseorang. Selanjutnya modal uang dilakukan dengan cara menggalang para investor atau melalui lembaga-lembaga pemodal ( seperti Bank).

REKREASI terbaik adalah BEKERJA
Bekerja umumnya menjadikan orang stress, karena mayoritas mereka tidak mencintai pekerjaannya. Hasil survey hanya 30 % saja orang yang bekerja karena mencintai pekerjaannya, lainnya hanya karena semata-mata gaji/uang. Bekerja yang didasarkan rasa cinta dan hobi akan dilakukan dengan rasa gembira dan tidak putus asa ketika menemui kegagalan. Bekerja yang sesuai dengan kesukaan atau hobinya akan menjadikannya sebagai sarana rekreasi.

GURU terbaik adalah PENGALAMAN
Apa saja yang dilakukan seseorang menjadi pengalaman orang tersebut. Makin banyak seseorang melakukan sesuatu yang bermanfaat dengan berkualitas, semakin baik dan berpengalaman. Ketika ada 2 orang guru lulusan S1, yang pertama baru lulus dan lainnya telah bekerja selama 10-15 tahun di sekolah. Manakah guru yang lebih ahli/terampil dalam mengajar dan menangani masalah siswa ? Dapat dipastikan bahwa guru kedua lebih ahli dalam menjalankan tugasnya. Pengalaman menjadi guru bagi seseorang.
 

www.theklc.com

 
Top