Tanah dapat menjadi miskin akan unsur hara bila petani selalu menggunakan pupuk kimia dalam jangka waktu yang lama. Penurunan unsur hara pada tanah berarti penurunan hasil produksi tanaman serta pengurangan kualitas hasil produksi. Jika petani tidak mau rugi karena hasil panennya menurun kuantitas serta kualitasnya maka petani diharapkan mulai menggunakan pupuk organik.

Penggunaan pupuk kimia di subang sudah mulai tergantikan oleh pupuk organik. Produksi pertanian petani subang semakin meningkat karena mereka lebih memilih menggunakan pupuk organik. Peningkatan hasil produksi petani dapat mencapai 30% karena tanaman menjadi lebih kebal terhadap serangan hama penyakit. Salah satu pupuk organik yang digunakan adalah pupuk cair Gremont.

Pupuk organik juga membantu masyarakat umum untuk hidup sehat, karena mereka tidak akan khawatir dengan dampak buruk bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, pupuk organik juga dapat dengan mudah didapatkan, selain harganya yang tidak begitu mahal, petani dapat membuatnya sendiri dari limbah-limbah rumah tangga.


sumber: Miotra Kita
jika ingin tahu lebih lanjut Hubungi
http://www.mitrabibit.com/2012/07/memetik-hikmah-dari-penggunaan-pupuk.html
 
Top